Film Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi, Film Indonesia yang Penuh Makna

0 Comments

Laskar Pelangi menjadi tidak benar satu film Indonesia yang tenar dikarenakan kisah inspiratif yang terdapat di dalamnya. Sinopsis Laskar Pelangi diadaptasi berasal dari novel yang berjudul mirip yakni Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Penasaran bersama dengan kisahnya? Simak sinopsis Laskar Pelangi selanjutnya ini. Film ini dirilis pertama kali pada 26 September 2006 dan disutradarai oleh Riri Riza.

Skenario film ditulis Salman Aristo, bersama dengan Riri Riza dan Mira Lesmana. Meskipun tergolong film lama, tapi Laskar Pelangi menjadi film bersama dengan pirsawan terbanyak ke-4 di Indonesia.

Kisah film Laskar Pelangi mengangkat cerita ketertinggalannya dunia pendidikan di Indonesia lebih-lebih di tempat pedalaman. Pemain film ini melibatkan masyarakat lokal lebih-lebih anak-anak di Pulau Belitung yang sekaligus menjadi lokasi syuting.

Film garapan Mira Lesmana ini sukses memicu penonton terpesona bersama dengan jalur cerita yang begitu menyentuh dan menginspirasi. Bagi Anda yang pesaran bersama dengan kisahnya dan memiliki rencana mendambakan menonton, liat sinopsis Laskar Pelangi selanjutnya ini.

Baca juga:

Rekomendasi Film Horor Terbaru Mei 2024 di Bioskop (Indonesia-Barat)

Film Netflix Tentang Pembunuh Berantai, Penuh Alur Tak Terduga

Sinopsis Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi bercerita berkenaan kehidupan anak-anak berasal dari kalangan keluarga miskin di Desa Belitung. Mereka bersekolah di tidak benar satu SD tertua di pulau selanjutnya yakni SD Muhammadiyah. Sekolah ini cuma punya 10 siswa, sehingga terancam ditutup dan memicu anak-anak selanjutnya terpaksa tidak dapat melanjutkan sekolahnya lagi.

Kesepuluh anak-anak selanjutnya yakni Ikal, Lintang, Mahar, A Kiong, Syahdan, Borek, Sahara, Kucai, Trepani, dan Harun. Mereka giat ke sekolah demi mewujudkan idaman dan cita-citanya. Ibu Muslimah yang diperankan Cut Mini, menjadi cuma satu guru yang mengajar di SD tersebut.

Sementara Pak Harfan diperankan oleh Ikranagara merupakan kepala sekolah SD Muhammadiyah. Bu Muslimah dan Pak Harfan terus berusaha menjaga SD selanjutnya sehingga tidak ditutup.

awalnya siswa SD Muhammadiyah cuma terdiri berasal dari 9 siswa. Kemudian datanglah Harun, seorang anak keterbelakangan mental yang menjadi penyelamat di tengah kegalauan guru dan murid berkenaan nasib sekolahnya yang akan ditutup. Harun adalah siswa ke 10 yang menkadikan SD Muhammadiyah senantiasa dapat bertahan dan melanjutkan kesibukan belajarnya seperti biasa.

Sementara Ikal adalah pemeran utama film Laskar Pelangi yang punya ketertarikan pada dunia sastra, ia sering kali menulis puisi dan membacakannya dihadapan guru dan teman-temannya. Ada pula Lintang, siswa berasal dari keluarga nelayan miskin yang berprestasi. Ia bercita-cita menjadi seorang pakar matematika.

Selain itu, ada satu siswa yang punya bakat di dalam bidang seni, yakni Mahar. Saat sekolah akan mengikuti perlombaan, Mahar menjadi pencetus ide menari bersama dengan tumbuhan langka yang ada si Belitung.

Saat perlombaan tiba, ternyata i tumbuhan selanjutnya memicu gatal sekujur tubuh siswa. Mebuat mereka menari seperti orang kesetanan. Akan tapi ide selanjutnya memicu SD Muhammadiyah menjadi pemenang lomba.

Hari-hari yang sudah di lewati makin lama mengukir kenangan, kekeluargaan, kebahagiaan, dan penuh bersama dengan canda tawa. Meskipun tiap-tiap hari mereka perlu berjuang untuk hingga ke sekolah. Bahkan Lintang, siswa jenius perlu menempuh perjalanan yang memadai terjal bersama dengan lewat danau dan perbukitan.

Suatu hari, siswa mendapatkan informasi berkenaan lomba cerdas cernat. Kemudian Lintang Ikal, dan Sahara mengikuti perlombaan itu. Di tengah keterbatasan yang ada, ketiga siswa selanjutnya dapat memperlihatkan kemampuannya bersama dengan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru SD PN yang merupakan sekolah elit yang ada di Belitung. Mereka terlalu gembira dan terus meningkatkan prestasinya.

Film Laskar Pelangi sukses medapat 12 aktor professional Indonesia bersama dengan 12 penghargaan tiap-tiap untuk anak lokal Belitung yang dianggap sukses di dalam berakting. Film berdurasi 125 menit ini sangatalh menginspirasi bersama dengan banyaknya nilai-nilai positif yang dapat dipetik.
Itulah tadi sinopsis Laskar Pelangi, film yang sukses memotivasi penonton. Selamat menonton, semoga menghibur!

Related Posts